KEGIATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DI PUSKESMAS 23 ILIR PALEMBANG - Fenny Novinia

Latest

Rabu, 05 Desember 2018

KEGIATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DI PUSKESMAS 23 ILIR PALEMBANG


      Sejarah Perkembangan Puskesmas
Puskesmas 23 Ilir merupakan salah satu puskesmas yang terletak di Kecamatan Bukit Kecil tepatnya di jalan Datuk M.Akib No. 100. Didirikan pada tahun 1984 (Proyek Inpers), kemudian menjadi puskesmas pada tahun 1987 dan sudah direnovasi kembali pada tahun 2006.

 Sumber :  Data Primer
Adapun sejarah kepemimpinan puskesmas 23 Ilir Palembang adalah sebagai berikut :
1.      Dr. Fade Fatimah dari tahun 1997-1998
2.      Dr. Yulia Darlina dari tahun 1998-2006
3.      Drg. Lasma Evy Lany, M.Kes dari tahun 2006-2009
4.      Drg. Endah Wulandari dari tahun 2009-2014
5.      Dr. Hj. Salmah Hamid, MM dari tahun 2015-sekarang
Visi, Misi, Motto dan Nilai
1.      Visi Puskesmas
Tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang optimal di wilayah kerja puskesmas 23 Ilir.
2.      Misi Puskesmas
1.      Meningkatkan kemitraan pada semua pihak
2.      Meningkatkan profesionalisme seluruh petugas puskesmas
3.      Pengadaan sarana dan perasaan kesehatan yang bermutu prima
4.      Memasyarakatkan paradigma sehat dan memberdayakan masyarakat atau keluarga dalam mengatasi masalah kesehatan yang ada.
3.      Motto
Tanpa Anda Kami Tiada Arti
4.      Nilai
Keterbukaan dan Kekeluargaan
      Wilayah
Puskesmas 23 Ilir mempunyai dua wilayah kerja yang terdiri dari dua kelurahan yaitu kelurahanm 23 Ilir dan kelurahan 24 Ilir dengan luas wilayah 7,8 Km2 sebagian besar penduduknya bermukim di Rumah Susun (8 blok wilayah 23 Ilir dan 44 blok wilayah 24 Ilir).
Puskesmas 23 Ilir mempunyai batas wilayah
-          Utara        : Kelurahan 20 Ilir
-          Selatan     : Kelurahan 22 Ilir
-          Timur       : Kelurahan 18 Ilir
-          Barat        : Kelurahan 26 Ilir

       Geografi
Wilayah kerja puskesmas 23 ilir terdiri dari dataran rendah dan pinggiran sungai (parit besar).
       Fasilitas Pelayanan Kesehatan
1.      Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA/KB)
a.       Ibu hamil (bumil), ibu bersalin (bulin), ibu nifas (bufas), ibu menyusui (busui)
b.      KB melayani IUD, Implant, Pil, Suntikan dan Kondom
c.       Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja
2.      Pelayanan Pengobatan
a.       Pengobatan umum
b.      Pengobatan gigi
c.       Rujukan
3.      Penyuluhan Kesehatan
a.       Penyuluhan di puskesmas
b.      Penyuluhan di posyandu
c.       Penyuluhan di SD/SLTP
d.      Penyuluhan di kelurahan
4.      Pelayanan Laboratorium
a.       Pemeriksaan HB
b.      Pemeriksaan Trombosit
c.       Tes Kehamilan
d.      Pemeriksaan protein urin
e.       Pemeriksaan golongan darah
f.        Pemeriksaan dahak BTA
5.      Gilingan Mas
a.       Gizi
1)      Pemberian Vit. A dan garam beryodium
2)      Uji klinik garam beryodium
3)      Konsultasi balita BGM dan Obesitas
b.      Pelayanan Imunisasi (setiap hari kamis)
1)      BCG
2)      Polio
3)      DPT, HB, HIB (pentavalent)
4)      Hepatitis B
5)      Campak
6)      TT calon pengantin dan TT Bumil
7)      Anti Tetanus Serum
c.       Pelayanan Sanitasi
1)      Memberikan konsultasi/ penyuluhan penyakit akibat faktor lingkungan
2)      Memberikan konsultasi tentang rumah sakit, jamban, sarana air bersih, pemberantasan sarang nyamuk (PSN).
6.      Klinik IMS
Klinik ini dimulai pada tahun 2009 bekerjasama dengan global Fun (GF). Puskesmas 23 Ilir ini mempunyai wilayah kerja yang merupakan daerah rawan untuk kasus IMS, Wilayah kerja puskesmas 23 Ilir penduduknya sangat dinamis dan merupakan daerah transit (khusus rusun).
Program IMS melayani:
a.       Kegiatan Kespro
b.      P2 Kelamin
c.       Penyuluhan
d.      Sero survey (Kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota)
7.      Lain-lain
a.       Pelayanan pengobatan TBC dengan paket DOTS (FDC)
b.      Pelayanan Pengobatan Kusta
c.       Pelayanan kesehatan lansia 1 bulan sekali
d.      Usaha kesehatan sekolah screening murid kelas 1 SD, SMP
e.       Pelaksanaa BIAS dilakukan 1 tahun sekali pada masa murid kelas 1,2 dan kelas 3 SD.
I.     Protap Pelayanan Poli Gigi
1.      Tujuan
a.       Untuk memperlancar pelayanan kesehatan gigi
b.      Untuk mempermudah petugas memberikan pelayanan kesehatan gigi
2.      Kebijaksanaan
a.       Meja tulis, kursi, lemari instrument / obat, wastafel, standar, waskom, tempat sampah, kipas angin handuk, sabun dan sunclin
b.      ATK, buku register, pena, pensil, mistar dan poster
c.       Alat medis, dental chair unit 1 set, Waskom, instrument gigi dan sterilisator
3.      Prosedur Tahap Pelayanan
a.       Petugas memanggil pasien berdasarkan nomor pendaftaran
b.      Pasien disuruh duduk dan dianamnesis
c.       Dilakukan pemeriksaan klinis terhadap pasien di kursi gigi
d.      Petugas menetapkan diagnose berdasarkan anamnesis dan hasil pemeriksaan klinis
e.       Menentukan rencana perawatan
1)      Untuk pencabutan lihat protap pencabutan
2)      Untuk penambalan lihat protap penambalan
3)      Untuk scaling lihat protap scaling
4)      Untuk perawatan jaringan periodontal lihat protap perawatan jaringan periodontal
f.        Pasien diberi informasi biaya perawatan untuk setiap jenis perawatan tindakan
g.      Bila setuju pasien membayar biaya tindakan di loket pendaftaran
h.      Setelah dilakukan perawatan tindakan berikan penjelasan mengenai tindakan yang telah dilakukan dan resep serta penjelasan kapan harus control ulang
i.        Pasien disuruh menyerahkan resep ke apotik
j.        Petugas mengisi buku kegiatan harian dan mengembalikan kartu ke loket
k.      Protap dapat berubah sesuai situasi kondisi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar